Saturday, May 24, 2014

Apa Itu Android ?

What is Android ? Android adalah sebuah sistem operasi berbasis Linux yang dikembangkan oleh Google dan dirancang untuk perangkat seluler layar sentuh seperti telepon pintar (smart phone) dan komputer tablet. Dulu android ini dikembangkan oleh Android, Inc yang didukung oleh Google berupa dukungan finansial, yang akhirnya Google membelinya pada tahun 2005.

Sistem operasi ini mulai dirilis pertama kali pada tahun 2007, bersamaan dengan didirikannya Open Handset Alliance, konsorsium dari perusahaan-perusahaan perangkat keras, perangkat lunak dan telekomunikasi yang bertujuan untuk memajukan standar terbuka perangkat seluler. Perangkat seluller yang membawa sistem operasi Android pertama kali dijual bulan Oktober 2008.

Sistem operasi ini didesain dengan antarmuka manipulasi pada layar, atau dengan kata lain untuk memanipulasi objek pada layar kita harus menggunakan sentuhan tangan, seprti mengetuk, mencubit atau menggesek. Android adalah sistem operasi open source, dan dirilis dibawah Lisensi Apache.
Open source artinya bahwa sistem operasi ini memungkinkan pengguna untuk memodifikasi secara bebas dan terbuka semua kodenya. Hal inilah yang hingga sekarang membuat sistem operasi ini menjadi populer dengan bukti banyak pembuat aplikasi yang mulai mengunggah aplikasinya untuk diinstall diperangkat dengan sistem operasi Android ini.

Pada November 2013, Android menguasai pangsa pasar telepon pintar global, yang dipimpin oleh produk-produk Samsung, dengan persentase 64% pada bulan Maret 2013. Pada Juli 2013, terdapat 11.868 perangkat Android berbeda dengan beragam versi. Keberhasilan sistem operasi ini juga menjadikannya sebagai target ligitasi paten "perang telepon pintar" antar perusahaan-perusahaan teknologi. Hingga bulan Mei 2013, total 900 juta perangkat Android telah diaktifkan di seluruh dunia, dan 48 miliar aplikasi telah dipasang dari Google Play. Pada tanggal 3 September 2013, 1 miliar perangkat Android telah diaktifkan.

Sumber : Wikipedia dan DroidPluss (http://droidpluss.blogspot.com/2013/12/mengenal-android.html)